Rincian Perkembangan Pasar Aplikasi Mobile Di Android dan IOS

Sebelum saya memulai artikel ini, maka saya akan mengadakan pertanyaan terlebih dahulu. Apakah anda sudah mengetahui mengenai rincian perkembangan pasar aplikasi mobile di androiid dan IOS? Apakah anda adalah salah seorang yang memang menggunakan aplikasi mobile di android tersebut? Jika memang iya begitu, maka pada perjumpaan kita kali ini juga akan mengupas dengan tuntas mengenai perkembangannya di pasar aplikasi mobile di Android dan IOS.

Pada awal kemunculannya Android market memiliki banyak aplikasi yang bersifat gratis. Hal ini cukup wajar mengingat Android market akan menjadi pesaing App Store(iOS) pada saat itu. Namun saat ini, khusunya di 6 bulan terakhir, Android market sudah mulai masuk ke tahap aplikasi berbabayar (Paid App). Berbanding terbalik dengan Apple di enam bulan terakhir jumlah aplikasi gratisnya meningkat. Apalagi jika para penggunanya sudah mengetahui Pedoman Aplikasi Mobile Android dan IOS tersebut. Maka akan sangat pesat pula perkembangannya. Berikut ulasannya yang sudah saya kutip dari berbagai sumber terpercaya pastinya :

  • Aplikasi berbayar pada Android market memiliki peningkatan dari 22% ke 34% selama 6 bukan terakhir.
  • Sementara Apple App Store mengalamai penurunan dari 70% ke 66% untuk perbandingan aplikasi berbayar terhadap jumlah keseluruhan Apps di 6 bulan terakhir.

Untuk harga Apps di Android market cenderung meningkat untuk periode 6 bulan terakhir, berbeda dengan Apple App Store yang kisaran harganya masih stabil.

  • Lebih dari 95 % dari aplikasi berbayar di Android Market berharga kurang dari $10, tetapi peningkatan aplikasi yang berharga lebih dari $10 meningkat cukup tajam di periode 6 bulan terakhir.
  • Sebagian besar Aplikasi yang ada di Android Market berada di kisaran harga $2.99 atau kurang (presentase sebesar 73%). Sedangakan untuk aplikasi dengan harga $0.99 atau dibawahnya mengalami penurunan.
  • Area pertumbuhan paling besar dari Android Market adalah aplikasi dengan harga antara $1-$9.99. Dengan pertumbuhan paling signifikan di aplikasi yang berharga di kisaran $1-$2.99 dan $3-$9.99.
  • Untuk Apple App Store sendiri perubahan yang terjadi tidak terlalu besar, jadi masih bisa dikatakan stabil.



Integrasi Terhadap Advertising SDK

Pada aplikasi gratis yang ada di Android Market maupun Apple App Store, Google AdMob merupakan platform ads yang paling populer penggunannya. Pangsa pasar dari Advetising SDK ini memang cendurung stabil karena memang opsi yang ada tidaklah banyak. Dengan pengecualian iAd yang memperoleh traksi yang luar biasa tinggi dari aplikasi gratisan di Apple App Store. Sangat mungkin jika iAd akan menjadi yang nomer satu untuk penggunaannya di Apple Store Apps.

  • AdMob merupakan pemain dominan di Android Market, dengan 40% aplikasi gratis telah terintegrasi dengan AdMob. Sedangkan pertumbuhan di 6 bulan terakhir naik dari 37% hingga 41%.
  • Sedangkan untuk aplikasi Apple App Store, AdMob mengambil pasar sebesar 17%.
  • iAd memiliki lonjakan tertinngi dari 5.6% hingga mencapai 15% untuk penggunaan di aplikasi gratis.



Nah itulah tadi penjelasan mengenai rincian perkembangan pasar aplikasi monile di android dan IOS tersebut. Dari apa yang sudah saya jelaskan diatas tadi, apakah anda sudah cukup tertarik dengan perkembangannya bagi anda untuk menggunakan aplikasi tersebut? Jika memang iya, maka anda adalah salah seorang membuat perkembangan tersebut.

Sampai disini sajalah perjumpaan kita pada artikel kali ini yang sudah mengupas dengan tuntas mengenairincian perkembangan pasar aplikasi mobile di android dan IOS. Semoga dengan adanya artikel ini bisa menemani waktu luang anda dalam menjalani aktivitas sehari-hari yang sudah melelahkan pastinya bukan? Akhir kata saya ucapkan banyak terimakasih atas waktunya yang sudah mau membaca artikel saya ini. Selamat menjalani aktivitas sehari-hari anda dan semoga juga hari-hari anda bisa lebih menyenangkan dari hari sebelumnya.